Memasuki segmen yang
baru bagi Lexus, merupakan sebuah tantangan. Namun engineer dan
desainer Lexus berhasil menciptakan kendaraan berdimensi kompak
dengan kenyamanan serta fitur yang canggih. Lexus NX diciptakan untuk
melengkapi segmen SUV pada Lexus yang sebelumnya sudah tersedia RX
dan LX.
Keberhasilan Lexus
menghadirkan kendaraan nyaman dan mewah dibalut dengan performa
mumpuni sudah terbukti sejak 1989. Diawali dengan segmen sedan mewah,
segmen sport dan supercar hingga segmen SUV. Lexus mengawali segmen
SUV dengan kehadiran LX pada 1995 sebagai Premium Luxury SUV. Pada
tahun 1997, Lexus kemudian meluncurkan Medium Luxury SUV dengan
produk RX series. Kini, Lexus melengkapi segmen SUV dengan
meluncurkan secara resmi di Indonesia, Lexus NX yang hadir dengan
berbagai fitur unggulan serta kemewahan khas Lexus.
Dengan konsep
“Premium Urban Sport Gear”, Lexus NX dibekali dengan fitur
canggih dan terdepan di kelasnya untuk memberikan kemudahan dan
kenyamanan serta keamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Engineer
Lexus mampu menerjemahkan dimensi kompak menjadi sebuah SUV lincah,
performa memadai, efisien serta memiliki utilitas tinggi, sehingga
memberikan kesenangan berkendara.
“Kami bersyukur
bisa mengawali 2015 ini dengan kehadiran keluarga baru, Lexus NX
untuk konsumen di Indonesia. Kami optimis NX akan menjadi pilihan
terbaik pada Compact Luxury SUV,” kata Suparno Djasmin, Lexus
Principal Indonesia
Untuk pasar
Indonesia, Lexus memberikan varian Luxury maupun F-Sport pada NX
200t. Perbedaan ada pada segi eksterior dan beberapa fitur, dimana
F-Sport terlihat lebih sporti khususnya pada Spindle Grille serta
interior yang memberikan nuansa performance.
Exterior Design
Konsep desain Lexus
NX terinspirasi dari bentuk berlian yang menghadirkan garis
aerodinamis serta tampilan yang sporti. Garis tegas terlihat pada
bahu sehingga tampak bagai bergerak walau dalam keadaan diam
sekalipun. Lampu utama pada NX menggunakan LED terbaru berbentuk
huruf ‘L’ yang dapat memancarkan sinar terang tanpa menyilaukan
pengendara lain. Bagian buritan tidak kalah terlihat sporti dengan
lampu berbentuk ‘L’ serta muffler yang seolah terintegrasi dengan
bumper belakang. Sementara tampak samping, NX terlihat kokoh dan
sesuai karakter Urban Lifestyle.
Interior Design
Masuk ke dalam kabin
NX, nuansa sport terasa kental dengan dasbor berdesain tegas dan
dihiasi tombol yang ergonomis. Bangku yang sporty juga nyaman dan
memeluk tubuh dengan sempurna. Lingkar kemudi NX juga nyaman
digenggam dan memberikan kepercayaan diri saat mengemudi. Dashboard
NX memiliki desain yang menyerupai Spindle Grille dengan berbagai
tombol yang mudah diraih serta menghadirkan ergonomi tinggi.
Bangku sporty NX
memiliki bantalan yang tebal untuk menghindari rasa lelah saat
perjalanan panjang, bahkan cushion kiri-kanan membuat badan seolah
menyatu dengan bangku. Penumpang belakang pun dimanjakan dengan ruang
yang memadai. Kabin NX di balut dengan kemewahan khas Lexus yang
memberikan attention to detail yang nyaris sempurna dengan berbagai
hal kecil yang melebih ekspektasi pengemudi dan penumpang.
Desain speedometer
NX terlihat informatif dan mewah, dengan dua bulatan besar yang
mengapit Information Display. Pada Line-Up F-Sport terdapat informasi
mengenai ‘Boost Meter’ untuk mengetahui tekanan turbo saat
berkendara. Selain itu, G-Ball hadirkan informasi G-Force yang
menarik, terutama bagi pengemudi yang gemar dengan performa.
Audio Entertainment
Lexus NX 200t
disertai dengan layar 7-inci diatas kabin untuk memudahkan dalam
membaca informasi. Tampilan Navigasi pada layar memudahkan pengemudi
dalam membaca jalur yang dituju. Pemilihan menu pada NX dilakukan
menggunakan RTI terbaru, atau Remote Touch Interface. Perbedaan
dengan Remote Touch sebelumnya adalah kini desain nya lebih mewah
bagaikan touchpad pada Laptop, dan nyaman saat mengoperasikan dengan
fitur feedbacknya.
Untuk memanjakan
indera dengar, NX dilengkapi dengan 10 speaker agar mampu
menghadirkan lantunan suara merdu di sekeliling kabin NX.
Engine Performance
Compact Luxury SUV
NX ini merupakan Lexus pertama yang menggunakan teknologi eco-turbo.
Mesin 4-silinder dengan kode 8AR-FTS berkapasitas 1.998 cc ini
hasilkan tenaga hingga 238 ps dan torsi mumpuni pada 350 Nm yang
sudah bisa dirasakan sejak putaran mesin menyentuh angka 1.600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, Lexus menggunakan transmisi 6-speed
otomatis yang juga bisa diganti secara manual menggunakan
Paddle-Shift di balik kemudi.
Turbo yang
dikembangkan oleh Lexus pada NX ini menghasilkan teknologi pertama di
dunia dengan menggunakan Cylinder Head yang terintegrasi dengan
water-cooled exhaust manifold. Performa yang dimiliki Lexus NX turbo
ini sangat memadai namun tetap memiliki efisiensi bahan bakar yang
tinggi.
“Teknologi turbo
pada Lexus NX memberikan performa memadai namun sekaligus
menghadirkan efisiensi bahan bakar yang mumpuni,” kata Takeaki
Kato, Chief Engineer Lexus NX
Di pasar dunia,
Lexus juga menawarkan NX 300h menggunakan mesin hybrid serta pilihan
penggerak roda depan serta penggerak AWD. Untuk konsumen Indonesia,
NX 200t tersedia dengan penggerak roda depan. Mengenai mesin hybrid,
Lexus sudah berpengalaman dengan menawarkan pilihan model seperti; LS
600hL, GS 450h, RX 450h ES 300h dan CT200h.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar